RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP 5.3.5 )
Sekolah :
Tema/Sub
Tema : 5.Pengalamanku / 3 Pengalaman di
Sekolah
Pembelajaran
:
Kelas / Semester : I / II
Waktu
:
I.KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan ajaran
agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku
jujur,disiplin,tanggung jawab.santun,peduli,dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan
keluarga,teman,dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati ( mendengar,melihat,membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya,makhluk ciptaan Tuhan, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah dan di
sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang jelas dan logis,dalam karya yang
estestis,dalam gerakan yang
mencerminkan anaksehat,dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia.
II. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
1.Bahasa Indonesia
1.1.Mengenal teks cerita diri atau personal tentang keberadaan
keluarga dengan bantuan guru
atau teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosa kata bahasa
daerah untuk membantu pemahaman.
4.4.Menyampaikan teks cerita diri
atau personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat
diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
penyajian.
INDIKATOR
-Membaca teks tentang cerita diri.
–Menceritakan pengalaman menolong
teman secara lisan.
III. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.Setelah mengamati gambar,siswa
dapat membaca teks dengan lancar.
2.Setelah berdiskusi,siswa dapat
menceritakan pengalaman menolong teman secara lisan dengan
percaya diri.
3.Setelah bercerita,siswa dapat
mengidentifikasikan pengalaman sila kedua Pancasila dengan
benar.
4.Setelah mengamati gambar,siswa
dapat menuliskan pengalamannya saat menolong teman
dengan lancar dan benar.
IV.MATERI PEMBELAJARAN
- Teks bacaan menolong teman.
- Gambar-gambar perbuatan menolong
teman.
V.MEDIA,ALAT,DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.Media
: gambar gambar menolong teman
2.Sumber Belajar
: Yanti Kurnianingsih,dkk.2013.Pengalamanku Tema 5 Buku Siswa dan Buku
Guru.Jakarta. Kementerian Pendidikan
dan K ebudayaan.
VI.METODE PEMBELAJARAN
-Strategi
: Index Card Match ( Mencari Pasangan ).
-Metode
: Diskusi,Tanya jawab.
VII.LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Fase
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
|
|
Kegiatan Inti-Mengamati
-Menanya
-Mencoba
-Menalar
-Membentuk Jejaring
(Mengkomunikasikan)
|
|
|
Penutup
|
|
VIII.PENILAIAN
1.Penilaian Sikap
2.Penilaian Pengetahuan
3.Penilaian Ketrampilan
Mengetahui
Guru kelas I
Tidak ada komentar:
Posting Komentar